Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

Hallo pembaca koran blog Engino & Enginy, pelayan
Ekhem ekhem, tes tes 1,2,3 lol
aduh suara aku kok jadi gini ea gak biasanya kayak gini, biasanya merdu lol #Wuuu~~~~ . Oh ya, gimana dengan suara teman-teman semua? sehat walafiatkan (LOH?) lol. Kali ini teim jurnalistik bakalan membagikan sedikit info nih tentang suara. By the way , teman-teman semua, ada yang tau gak Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?
yuk dibaca ea.. ok

Suara berasal dari getaran. Manusia dapat mendengar suara yang frekuensinya antara 20 Hertz sampai20.00 Hertz. Frekuensi 20 Hertz artinya benda bergetar sebanyak 20 kali setiap satu detik, begitu juga dengan frekuensi 20.000 Hertz artinya setiap detik bergetar 20.000 kali. Getaran selain rentang tersebut tidak dapat terdengar oleh manusia. Tinggi-rendahnya nada ditentukan oleh frekuensi, setiap frekuensi akan menghasilkan nada yang berbeda-beda.
Lalu apa yangf membedakan suara manusia?

Berdasarkan fakta (www.zhuldyn.wordpress.com), sebagian besar suara yang kita dengar tidak hanya satu frekuensi tertentu tetapi beberapa frekuensi sekaligus. Contohnya jika kita menggetarkan bambu dengan frekuensi tertentu, pada bambu tersebut terjadi resonansi sehingga ada frekuensi-frekuensi ainnya ikut bergetar. Resonansi tersebut akan berbeda untuk setiap benda. Perbedaan tersebut biasanya disebut dengan "warna suara". Karena hal inilah kita dapat membedakan suara terompet dan suling walaupun dalam nada/frekuensi yang sama, begitu juga dengan suara manusia.

Komentar

Kabar Populer

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA