Tips Praktikum


Hallo para pembaca koran Engino & Enginy..
Hm, tim jurnalistik HIMA TKN STTNuklir - BATAN untuk kali pertamanya, akan memberikan beberapa tips nih kalo kita lagi praktek, ( Khususnya buat yang sering bermasalah dengan alat-alat di lab. seperti yang pernah penulis lakukan kemaren  lol  hehehe ). Yu mari cekidot..

1. Siapkan peralatan yg dibutuhkan, jangan sampe ada alat yg tidak terpakai ato malah ada yg kurang, cek dulu alat yg dibutuhin sebelum pinjem ke laboran.

2. Nah.. kalo alat-alat dirasa udah lengkap, segera cuci sampe bersih. walopun keliatannya bersih tetep kudu di cuci, kita kan gak tau pemakai sebelumnya dicuci dengan bersih ato nggak (sedikit belajar gak percaya sama orang  lol).

3. Perlakukan alat-alat yang kamu pakai seperti anak mu sendiri.  (#Wuuuu~~~~ peace maksudnya?). kamu boleh ngebayangin alat yg kamu pakai itu sebagai org yg kamu kasihi love kiss, pacar kamu love kiss, teman, dll. tujuannya apa? ya untuk meminimalkan kerusakan alat, alat pecah,dll
kalo alat rusak kan, kita kudu ngganti dan alat-alat kimia itu biasanya mahal2 loh (gak percaya? coba deh dipecain lol). masa kita mau mengorbankan uang jajan kita?? udah uang jajan kita pas-pasan, makan cuma sekali sehari, uangnya harus dipake beli alat lagi. mau puasa sebulan gitu #gak!#? (pasti gak mau kan?). so, perlakukan alat2 dgn penuh kasih sayang. (tapi sewajarnya ya, gk perlu sampe dinikahin juga alatnya lol)

4. Jangan main2 ninja. saat praktek, tetep fokus!! jangan colek2 kesesama praktikan apalagi kucing2an. hal ini juga berhubungan dengan terjadinya alat pecah.

5. Perhatikan penempatan alat saat bekerja dan usahakan area kerja rapi, jangan sampe posisi alat mengganggu kenyamanan bekerja (inget pelajaran K3 - ergonomi #klo uda lupa, ya derita Lo lol).
posisi alat yg salah juga bisa menyebabkan alat pecah. misal posisinya terlalu dipinggir altnya bisa jatuh dan akhirnya... (U know lah).

intinya kalo lagi praktek kita harus bener hati-hati, jangan sok-sok.an deh mentang2 kita orang kaya (amiin) seenaknya aja mecahin alat. Buret dipecahin, alat destilasi dipecahin, cawan deksikator, pipet, sampe neraca di rusakin juga. (ini mau praktek ato ngerusuh sih?).

Okay para pembaca koran Engino & Enginy, semoga bermanfaat ea.. lol 

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA