Para Ilmuan Menemukan Petunjuk Baru Kimiawi Asal Usul Kehidupan


Kimiawan organik dari Universitas York membuat kemajuan penting dalam mempelajari asal usul karbohidrat (gula) yang membentuk balok bangunan kehidupan.
Sebuah tim yang dipimpin oleh Dr Paul Clarke dari Jurusan Kimia York mencipta ulang proses yang dapat terjadi di dunia prebiotik.
Bekerja dengan rekan-rekan dari Universitas Nottingham, mereka membuat langkah pertama menuju menunjukkan pada kita bagaimana gula sederhana – threosa dan erythrosa – berkembang. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal   Organic & Biomolecular Chemistry.
Semua molekul biologis memiliki kemampuan ada sebagai bentuk kidal dan bentuk kanan. Semua gula dalam biologi tersusun dari molekul bentuk kanan namun semua asam amino yang menyusun peptida dan protein tersusun dari bentuk kidal.
Para peneliti menemukan menggunakan asam amino kidal sederhana untuk mengkatalis pembentukan gula menghasilkan produksi gula bentuk kanan yang sebelumnya dominan. Ini dapat menjelaskan bagaimana karbohidrat berawal dan mengapa bentuk kanan mendominasi alam.
Dr Clarke mengatakan: “Ada banyak pertanyaan dasar mengenai asal usul kehidupan dan banyak orang berpikir kalau ini masalah biologi. Namun agar kehidupan dapat berevolusi, harus ada saat ketika benda tak hidup menjadi hidup – segalanya sampai titik itu adalah kimia.
 “Kami mencoba memahami asal usul kimia kehidupan. Salah satu pertanyaan menarik adalah darimana karbohidrat dating karena mereka adalah balok penyusun DNA dan RNA. Apa yang telah kami capai adalah langkah pertama dalam jalur untuk menunjukkan bagaimana gula sederhana – threosa dan erythrosa – berawal. Kami membangkitkan gula ini dari seperangkat bahan yang sangat sederhana yang diyakini sebagian besar ilmuan ada pada saat hidup berawal.”

Sumber berita:



Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA