Tetep Bugar dan charming di Bulan yang suci


assalamu’alaikum sahabat engyno-enginy


Holla-halloohaa,
senang bisa ketemu lagi dengan sahabat semua setelah lama kita ga ngeupdate blog ini seusai UAS kemarin,, kita datang lagi nih dengan semangat dan nafas yang baru memberikan info-info terkini buat sahabat setia engyno-enginy di edisi Rubrik Ramadhan. Agar ibadah shaum di bulan ramadhan ini bisa maksimal dan selalu bersemangat kita harus tetap menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa, di liburan ini ngga sedikit dari kita tidak terlalu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas, kebanyakan dari kita jadi pengangguran dadakan yang luntang-lantung dirumah hhee, walaupun seperti itu ngga menutup kemungkinan penyakit bisa datang tiba-tiba seperti penyakit malas dan ngatukan haalllah ngga nyambung .. kembali ke topik => menjaga stamina tubuh agar tetap fit, bugar dan charming selama menjalankan ibadah puasa adalah suatu keharusan yakni tidak lain tidak bukan agar ibadah shaumnya lancar dan menjalankannya bisa fun,, tengok yuk tips-tips berikut diharapkan bisa bermanfaat untuk sahabat semua ... Check this Out  :’)

1. Usahakan agar tetap sahur
Sahur = suplai harimu dengan rubrik ramadhan .. hho apa sihh ,, #maksaa. Sahur itu sunah dan melaksanakan sunah itu berpahala ayo berlomba ngedapetinnya di bulan pengali pahala ini. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah” (Muttafaqun ‘alaih)
Pilih makanan yang mengandung serat dan berprotein tinggi. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis, makanan ini bisa buat cepet ngantuk. Makanan manis mengandung kadar gula tinggi, sehingga memicu pemakaian energi lebih banyak. 

2. Perhatikan asupan makanan dan minuman anda
Sayuran hijau berbiji seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan oyong baik dikonsumsi karna mengandung GLA (Gamma Linoleic Acid) yang dapat menambah kekenyalan dinding sel sehingga air dalam tubuh kita tidak lekas berkurang. Pastikan menu berbuka puasa anda mengandung kalori dan protein tinggi, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu tempe. Mau merasa kenyang lebih lama : nasi putih => nasi merah. Mau tubuh yang tetap segar dan bersemangat : minum teh hijau (khasiatnya melebihi khasiat dari vitamin E lohh.
Hindari pula makanan yang asam, beralkohol, bersantan, gorengan, dan camilan yang mengandung MSG.
Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan, seperti pisang, pepaya, apel manis, bengkoang dan buah-buahan segar yang lain yang manis dan mengandung banyak air. Namun perlu pula diperhatikan, hindarilah buah-buahan yang sifatnya diuretic, seperti semangka, tomat, mentimun, karena buah-buahan tersebut membuat cairan tubuh terus menerus keluar.

3. Gunakan selalu pelembab untuk menghindari kulit kering
          Takut kulit kering,, banyak-banyaklah berwudlu jika diperlukan pakai pelembab.

4. Latihan fisik ringan selama berpuasa
Jangan turuti rasa lemas anda dengan tidur seharian. Mau ngga loyo dan ngga lemes coba deh terapin yang satu ini : “lari-lari kecil atau jalan kaki”. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Mau bakar lemak ya dengan Tarawih selain bernilai ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena gerakan saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

5. Minum obat maag saat sahur dan berbuka bila bermasalah dengan penyakit maag
          Anda merupakan penderita sakit maag,, ngga perlu khawatir dan ngga perlu risau dengan shaum kalian,, penyakit yang banyak diderita banyak remaja ini bisa takluk koq dengan cara-cara berikut : - perbanyak sedekah,, - yakin kalau Allah akan selalu menaungi kita dengan kesehatan,, - jika diperlukan boleh meminum obat maag saat sahur dan saat berbuka. Tidak perlu terburu-buru untuk berbuka,, karna lambung yang menderita sakit ini perlu waktu lebih untuk mencerna makanan.

6. Jangan ‘balas dendam’ saat berbuka puasa
Berbukalah secukupnya saja dengan makanan ringan menu berbuka puasa seperti kolak, kurma, pudding atau minum segelas jus buah. 

7. Menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari bau mulut
Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari. Selain itu keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi. Minuman probiotik seperti yogurt juga mampu memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.

8. Perbanyak Aktifitas Kebaikan.
        Tadarus Qur’an, Menghadiri kajian-kajian islam, Perbanyak sholat sunah : Sholat tahajud ,Sholat Dhuha, Sholat Taubat, Giat Bersedekah.

“Selamat menunaikan Ibadah Puasa”
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa”
[Al Baqarah:183]
           
Ada sebagian mungkin dari teman-teman yang hari ini sudah memulai ibadah shaumnya,, sempat ada perbedaan pandangan antara pemerintah dengan menteri agama perihal pelaksanaan ibadah puasa ramadhan yang jatuh antara tanggal 20 dan 21 juli 2012,, dengar-dengar tadinya jika tidak diperoleh titik temu antara keduanya maka puasa akan dilaksanakan dalam 2 putaran,, hhaa?? Ga mau kalah dengan euforia pemilukada DKI Jakarta sepertinya.. Yahh sudahllah terlepas dari itu semua Engyno-enginy mengucapkan Selamat melaksanakan ibadah puasa bagi yang hari ini telah melaksanakannya,, semoga puasanya hari ini full nikmat dan barakah .. :D

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA