Teknokimia Nuklir Kunjungi PT. Coca-cola Amatil Indonesia



Kegiatan yang diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Teknokimia Nuklir STTN-BATAN ini, telah menjadi kegiatan rutin tahunan. Dalam penelusuran teknologi serta pengembangan potensi mahasiswa sebagai bentuk realisasi perkembangan teknologi dengan mengadakan beberapa program kerja yakni salah satunya kunjungan industri ke PT. Coca-cola Amatil Indonesia.

Dengan maksud untuk meningkatkan wawasan mahasiswa STTN-BATAN khususnya Program Studi  Teknokimia Nuklir dalam  hal pengenalan alat-alat industri kimia dan aplikasi teknologi nuklir di bidang industri, maka kegiatan kunjungan industri ini dilakukan. Kegiatan kunjungan industri yang dilakukan di PT. Coca-cola Amatil Indonesia yang bertempat di Ungaran, Semarang ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta. Perjalanan yang menempuh waktu kuranglebih 3 jam dari kampus STTN-BATAN hingga PT. Coca-cola Amatil Indonesia ini, dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2013 berjalan dengan lancar. Diawali dengan pembukaan dan kata sambutan oleh ketua jurusan prodi Teknokimia Nuklir, Sugili Putra, ST. M.Sc, dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan oleh pihak PT. Coca-cola Amatil Indonesia mengenai sejarah berdirinya PT. Coca-cola dan proses pembuatan minuman yang diproduksi oleh PT. Coca-cola.

“Di Indonesia, sudah ada 9 CCA (Coca-cola Amatil) yang telah berproduksi yakni diantaranya di medan, padang, lampung, jakarta, bekasi, bandung, surabaya, denpasar, dan semarang. Di semarang ini, kita hanya memproduksi tiga jenis minuman coca-cola yakni fresh tea, sprite, dan coca-cola itu sendiri” jelas Ibu Ida, staff Humas PT. Coca-cola Amatil Indonesia yang ada di Semarang.

Proses produksi minuman dilakukan dengan lima tahap, yakni tahap sortasi, washing, embis, filling, dan tahap pemeriksaan akhir ini dilakukan oleh tenaga yang profesional. Ketika ditanyai perihal peran serta tenaga ahli kimia, “Di daerah cibitung, lebih tepatnya di PT. Coca-cola Nasional yang menangani bagian analisis, tenaga yang berkeahlian dibidang kimia dibutuhkan disana guna mengalisis produk serta menciptakan produk-produk baru sesuai permintaan masyarakat saat ini yang terus berkembang” jawab bapak Kiswoyo, Staff Quality assurance di PT. Coca-cola Amatil Indonesia.

Kegiatan pemberian materi yang berjalan selama kurang lebih 1 jam lebih ini, dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan oleh mahasiswa mengenai proses produksi dan pengolahan limba yang dihasilkan oleh proses produksi itu sendiri. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke lokasi produksi secara langsung. Setelah itu, dilanjutkan dengan berfoto bersama-sama didepan balkon bertuliskan Coca-cola sebagai dokumentasi dari kegiatan tahunan ini. “Saya sangat senang dengan kedatangan para adik-adik semua, ditambah lagi dengan antusias adik-adik saat bertanya, saya mewakili pihak Coca-cola sangat senang, dan jika tahun depan akan diadakan hal serupa, kami dari pihak Coca-cola yang ada di Semarang ini sangat terbuka untuk kedatangan adik-adik mahasiswa dari STTN-BATAN” jelas Ibu Ida, staff Humas PT. Coca-cola Amatil diakhir pertemuan. (Andri/KLORIDA).

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA