PANEN RAYA PADI “VARIETAS SIDENOK” BATAN DI DESA LEDUG, BANYUMAS


Segenap warga di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, yang merupakan mayoritas sebagai petani padi merasa bahagia karena bibit padi yang mereka tanam 10 November 2012 tahun lalu, tepat pada tanggal 23 Februari 2013 dipanen.

Acara panen raya diawali dengan pembacaan basmalah dan pemotongan padi “Varietas SIDENOK” yang di produksi oleh BATAN secara simbolik oleh kepada desa, perwakilan BATAN, BGA, MB plus agro, dan beberapa tamu undangan dari dinas pertanian, kehutanan, dan perkebunan kabupaten Banyumas. Kepala desa Ledug, E.Suyitno mewakili para kelompok tani, merasa sangat berterima kasih kepada pihak yang telah bekerja sama dalam acara tersebut. Acara yang terselenggara berkat kerja sama BATAN, MB plus agro, dan BGA (BATAN Golden Age Club) ini berjalan dengan lancar.

“Pandangan masyarakat tentang nuklir memang selalu mengarah ke arah negatif dan disangkut pautkan dengan bom, namun, sebenarnya nuklir itu jika digunakan dengan bijak, maka sangatlah bermanfaat. Seperti  yang kami lakukan sekarang, berkat bantuan BATAN sebagai lembaga negara yang mengelola bibit unggul dengan memanfaatkan teknologi nuklirnya, kami selaku petani sangat puas dengan teknologi nuklir yang dapat membantu dunia pertanian” ucap E. Suyitno, Kepala Desa Ledug dalam sambutannya.

Dengan usia panen 125 hari, padi “Varietas SIDENOK” produksi BATAN ini membuahkan bulir yang besar dan banyak. “Dengan lahan yang semakin sempit, oleh karena itu, kualitas dan kuantitas padi harus ditingkatkan. Dengan bantuan bibit Varietas SIDENOK dari BATAN, kualitas padi yang dihasilkan sangat menggembirakan, hasil bulir padinya besar dibanding jenis padi lainnya, dan kabar dari pihak BATAN, kualitas nasi yang dihasilkan sangat pulen. Setelah panen ini, kami akan mencoba hasilnya dan kami berharap, program seperti ini terus berlanjut kedepannya” tutur salah satu perwakilan kelompok tani, Bapak Suminar.

Acara yang dipromotori oleh anggota BGA (BATAN Golden Age Club) ini, Bapak Budiono, diharapkan terus berlanjut kedepannya. Melihat kualitas padi ketika panen, Perwakilan Camat Kembaran kab. Banyumas, Bapak Heri menambahkan dalam sambutannya “Kami sangat berharap program ini terus berlanjut dan terus dikembangkan”.
Diakhir acara, Kepala Aplikasi Teknologi Nuklir BATAN, Dr. Hendig Winarno menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian BATAN kepada negara, khususnya masyarakat Indonesia (andri).

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA