“Student Worker”, Sebuah Inovasi Brilliant untuk Menapak Masa Depan



YOGYAKARTA, KLORIDA (26/4) Mulai hari Rabu, tepatnya pada tanggal 1 Mei 2013 akan ada sesuatu yang berbeda pada mahasiswa TKN semester VI. Pada tanggal tersebut, rencananya program Studen Worker akan diberlakukan. Keputusan ini ditetapkan dalam sosialisasi program student worker yang diselenggarakan pada hari Jumat, 26 April 2013.
Sosialisasi yang dipimpin oleh Bapak Sugili Putra ini dihadiri oleh Ibu Noor Anis Kundari sebagai wakil manajemen, Ibu Kartini Megasari sebagai Notulen, dan 18 mahasiswa TKN semester VI. Bapak Sugili yang juga merupakan  pencetus terlahirnya program ini tampak bersemangat saat menyampaikan maksud dan seluk-beluk pelaksanaan program ini.
“Program Student Worker ini saya harap bisa memberi bekal dan pengalaman sebanyak-banyaknya dari ilmu yang telah dipelajari di semester I-VI”, tutur beliau menjelaskan tujuan dari kegiatan ini.
Program Student Worker ini rencananya akan berjalan dalam waktu kurang lebih satu tahun. Karena kegiatan ini masih baru, keikutsertaan mahasiswa belum diwajibkan. Namun, antusiasme mahasiswa sangat terlihat saat sosialisasi, hal ini dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam mengajukan pertanyaan. Pihak penyelenggara mengharapkan semua mahasiswa TKN semester VI bersedia mengikuti kegiatan ini dan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
Mahasiswa yang mengikuti program ini memiliki tanggung jawab untuk mengurus salah satu laboratorium di STTN. Kewajiban yang harus dilaksanakan antara lain, inventarisasi alat dan bahan kimia di lab, perawatan alat, dan menjadi laboran saat dilaksanakan praktikum di lab tersebut. Jika kewajiban di sebuah lab telah terpenuhi, maka mahasiswa tersebut dapat pindah tugas ke lab lain atas persetujuan kepala lab yang bersangkutan.
Program ini bukan hanya dirancang agar mahasiswa tidak canggung saat saat memasuki dunia kerja, kedisiplinan mahasiswa juga dilatih dalam program baru ini, pasalnya kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 - 16.00 WIB pada hari Senin - Jumat. Kehadiran mahasiswa juga dibuktikan dengan sistem absen amano seperti yang dilakukan oleh dosen dan karyawan STTN. Absen ini selanjutnya akan direkap sebagai pertimbangan dalam pembuatan sertifikat di akhir program.
Tidak hanya berhenti sampai disini, mahasiswa juga bisa mendapat keuntungan berkenaan dengan kunjungan beberapa peneliti dari Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) yang dijadwalkan pada hari Jumat, 3 Mei 2013. Peneliti PTLR tersebut menawarkan tentang penelitian limbah. Selanjutnya, mahasiswa yang berminat dapat mengambil topik penelitian untuk judul tugas akhir.

(Nime/Wiwo)

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA