Tips Agar Tidak Mengantuk saat Sahur



Memasuki minggu kedua bulan puasa, biasanya semangat kita untuk bangun sahur mulai menurun.  Bahkan seringkali karena terlalu malas untuk bangun sampai tidak sahur dengan alasan sudah niat. Padahal rasulullah bersabda "Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan pada kalian maka janganlah kalian tinggalkan."(HR An Nasaa`i dan Ahmad). Ada beberapa tips dari kami yang mungkin bisa mengatasi masalah tersebut. Antara lain:
Jangan tidur terlalu larut
Cara terbaik untuk bangun pagi adalah dengan tidak begadang. Begadang sih boleh saja, kalau ada perlunya misalnya belajar, tadarus. Tapi kalau untuk main game, ya mendingan tidak usah J. Biasanya kalau sudah pertengahan puasa kita sering tidur melewati jam tidur biasa kita, bukannya tidak boleh tapi asalkan sudah memenuhi kebutuhan kita (6-7 jam) tidak apa-apa. Agar jam tidur tetap terpenuhi, bisa dengan tidur siang mumpung liburan J.
Saat bangun, jangan langsung beranjak
Cara ini terbukti ampuh mengurangi kemalasan saat makan sahur. Biarkan tubuh kita sejenak ‘mengumpulkan nyawa’ sebelum beranjak ke meja makan. Jangan langsung berdiri apalagi lari. Duduk dulu, setelah beberapa menit barulah beranjak ke meja makan.
Cuci muka
Apakah anda sering langsung makan begitu saja tanpa cuci muka dan tangan? Hindarilah kebiasaan buruk itu. Kalau makan tanpa cuci tangan banyak yang tahu akibatnya bagi kesehatan. Tetapi kalau langsung makan setelah bangun tidur tanpa cuci muka, itu terkesan jorok sekali J.
Shalat sunnah
Salah satu pengurang rasa kantuk yang mantab adalah dengan salat sunnah dua rakaat. Kalau memang begitu berat rasanya, tidak usah terlalu dipaksakan. Shalat dua rakaat saja, dan ayat-ayat yang dibaca tidak usah panjang-panjang. Rasulullah juga melakukan ini untuk menghilangkan rasa kantuk (sebelum melaksanakan shalat dengan bacaan surat yang lebih panjang). Pada saat sujud, banyak darah yang mengalir ke otak, aliran darah ini mengandung banyak oksigen yang diperlukan otak sehingga rasa kantuk pun berkurang.
Keluar rumah, stretching sedikit
Cobalah keluar rumah setelah bangun sahur. Coba sedikit peregangan. Udara segar dari luar akan membantu mengurangi kantuk dan membuat kita bersemangat lagi untuk sahur.
Demikian tips dari kami. Semoga bermanfaat, dan semoga kita tetap istiqomah dan semangat sampai akhir nanti. Semangat!

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA