Nucleaar for a Wonderful World

Nuclear Science Fair 2013 merupakan acara yang diadakan oleh Batan dengan kerjasama dari Taman Pintar Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 September 2013 di Taman Pintar Yogyakarta. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Nuclear is part of a wonderful world”. Nuclear Science Fair ini mengundang perwakilan 3 murid SMA/SMK dan seorang guru dari total 21 SMA dan 4 SMK.
Para guru dan murid SMA/SMK yang hadir dibagi menjadi 7 kelompok untuk berkeliling di Taman Pintar sambil mengunjungi 7 zona yang telah disediakan Batan dan Taman Pintar. Zona-zona tersebut adalah zona karbon dating (fosil), hidrologi, energi (PLTN), pangan, diorama sejarah nuklir, radiasi, dan kesehatan. Setiap zona diisi oleh sekitar 2 orang yang akan menjelaskan kegunaan nuklir yang sesuai dengan zona tersebut. Dari kunjungan ini diharapkan para guru dan pelajar mengerti bahwa nuklir mempunyai banyak manfaat, nuklir bukan hanya sekedar barang perusak yang sangat berbahaya, dan penerapan nuklir saat ini bukan hanya sekedar untuk menghasilkan energi dari reaktor nuklir.
Beberapa orang mahasiswa STTN Batan dari berbagai prodi turut menghadiri kegiatan ini. Guntur Sodikin (TKN11), Ade Saputra (TKN11), dan Novita Wiwoho (TKN12) merupakan contoh perwakilan TKN yang ikut membantu pelayanan informasi dari Zona yang telah disediakan oleh Batan. Terdapat lima orang perwakilan mahasiswa dan beberapa Dosen serta Karyawan dari STTN Batan yang ikut membantu dalam pelayanan informasi di Zona yang telah ditentukan.

Dari berbagai kuis yang diselenggarakan, dapat diketahui bahwa hal yang pertama kali masyarakat umum pikirkan bila mendengar kata nuklir adalah bom. Setelah mereka mendapat beberapa penjelasan mengenai nuklir, mereka dapat mengetahui bahwa nuklir memiliki banyak kegunaan dan bukan sekedar sebagai bom. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang dimulai dari para pelajar dapat lebih membuka pemikirannya terutama mengenai nuklir. (NW)

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA