Makrab TKN 2014: Semakin Malam, Semakin dekat, Semakin Hangat

(5/7 2014) Telah diadakan Malam Keakraban TKN STTN BATAN yang berlokasi di Desa Wisata Pulensari Turi Sleman, Yogyakarta. Acara Malam Keakraban TKN merupakan salah satu Program Kerja HIMA TKN yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antarwarga TKN sekaligus sebagai ucapan selamat datang kepada Mahasiswa Baru 2014 Prodi Teknokimia Nuklir STTN-BATAN.  Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut bertemakan Satukan Tangan untuk TKN Korza dan dihadiri oleh Sugili Putra sebagai Kepala Jurusan TKN dan Haries Handoyo sebagai salah satu dosen TKN.

Jumat, sore hari peserta diberangkatkan menuju lokasi. Sesampainya di lokasi, peserta diarahkan menuju homestay (tempat persinggahan) masing-masing yang dilanjutkan dengan acara pembukaan yaitu kata sambutan dari Kajur TKN Sugili Putra, Ketua HIMA TKN Gyan Prameswara, dan Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) oleh Rahmawati Yunita. Acara yang dibuka dengan Jargon “Semakin malam, Semakin dekat, Semakin hangat” tersebut dimeriahkan dengan Penampilan Perdana Mahasiswa Baru 2014 yaitu Pementasan Seni dan Pemutaran Video yang dibuat oleh Mahasiswa Baru 2014. Pemutaran Video yang dilakukan tidak hanya dari Mahasiswa baru namun ada juga video persiapan Makrab yang dipersembahkan oleh Panitia Makrab 2014.

Usai Istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan acara Jurit Malam yang berlangsung pada pukul 00.30-03.00. Dibagi menjadi 7 kelompok, masing-masing kelompok harus melalui pos-pos yang berada pada setiap pemberhentian. Selanjutnya pada hari kedua dilakukan Kegiatan outbond yang bertujuan untuk melatih kerjasama dan mempererat keakraban antarpeserta sehingga tidak ada lagi kesenjangan yang terjadi baik antara Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Senior. Kegiatan Outbond berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian pada Pukul 16.00 WIB Peserta mengunjungi Pengolahan Salak di salah satu home industry yang berada di Desa Wisata Pulesari, Pengolahan Salak bertujuan menambah wawasan tentang olahan-olahan salak yang dapat dibuat menjadi beberapa bahan makanan seperti Sambal Salak, Nagasari, Keripik Salak dan Dodol. Namun, karena keterbatasan waktu kegiatan Pengolahan Salak hanya pada Pengolahan Sambal Salak dan Nagasari.

Acara inti dilaksanakan pada malam hari yaitu, acara bakar ayam bersama, Api unggun dan Penyematan Jaket HIMA. Pada acara Api Unggun, Masing-masing kelompok yang telah dibagi berdasarkan kelompok outbond diberi tugas untuk menampilkan kebolehan. Kebolehan-kebolehan unik yang ditampilkan masing-masing kelompok menambah kemeriahan acara. Ada yang menampilkan Tarian, Nyanyian, dan Drama. Usai api unggun, dilanjutkan dengan acara penyematan Jaket HIMA TKN yang diwakili oleh dua Mahasiswa baru yaitu Bilqis dan Gunawan. Acara selesai pada pukul 22.30 WIB.

Minggu pagi, diawali dengan senam dan dilanjutkan dengan kegiatan tracking yaitu kegiatan menyusuri desa wisata sebelum akhirnya bersiap-siap pulang. Pukul 10.00 WIB Peserta dipulangkan.

Makrab yang berlangsung selama tiga hari tersebut berlangsung dengan lancar dan terkendali. Meski terdapat beberapa kendala yang terjadi, Makrab berhasil mengukuhkan Mahasiswa baru dengan Mahasiswa Senior. “Saya berharap, dengan Makrab yang dilangsungkan selama tiga hari ini tidak ada lagi kesenjangan antar Mahasiswa TKN. Sehingga semuanya dapat berkumpul dalam satu visi-misi yang sama yaitu membanggakan dan menyejahterakan Keluarga Prodi Teknokimia Nuklir” ungkap salah satu peserta yang tidak ingin disebutkan namanya. /kz/

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA