MEKANIKA FLUIDA: INOVASI MAHASISWA STTN


Sorak sorai penonton menggema di ruang kelas 11-12 STTN BATAN Yogyakarta. Meski ruangan tidak terisi penuh namun suasana terasa sengit menggigit di dalam ruangan. Acara yang digawangi oleh HIMA TKN yang dikenal dengan TKN INNOVATOR AWARD ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang aktif dan berinovasi, dengan bertemakan “Save our environment with our innovation” kegiatan ini menjadi salah satu ajang yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang memiliki inovasi untuk memecahkan suatu masalah.

Kali ini TKN INNOVATOR AWARD hadir dengan mengangkat permasalahan yang berkaitan dengan mekanika fluida dimana mahasiswa dimaksudkan mengembangkan ide untuk mengeluarkan air  di dalam suatu tabung dengan beberapa persyaratan salah satunya adalah penghematan listrik. Perlombaan dilakukan dengan 3 tahap, tahap pertama adalah pembagian dan pengumpulan jawaban (tahap pendaftaran). Tahap kedua Penyeleksian dan tahap akhir adalah Presentasi Jawaban.
TKN INNOVATOR AWARD merupakan ajang rutin tiap tahunnya, berbeda dengan tahun sebelumnya tahun ini perlombaan boleh diikuti untuk umum yaitu boleh diikuti oleh setiap mahasiswa dari semua prodi dengan persyaratan Peserta adalah Mahasiswa yang belajar di STTN BATAN Yogyakarta.Dari data yang berhasil dikumpulkan, Peserta yang mengirimkan jawabannya mencapai 15 dengan klasifikasi 5 individu dan 10 kelompok.



Bertempat di RK 11-12, Selasa 30 september 2014 diadakan babak final yaitu pengumuman 4 peserta yang lolos dengan inovasinya yang kemudian akan dilaga untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Empat peserta yang lolos tersebut dipersilahkan untuk mempresentasikan jawabannya, pada pukul 19.00 WIB diumumkan pemenang yang semuanya berasal dari prodi Elmek. Juara 1 dimenangkan oleh perwakilan ELMEK 2012, Juara 2 oleh perwakilan individu ELMEK 2013, dan Juara 3 dimenangkan oleh perwakilan kelompok ELMEK 2014. Ketiga pemenang diberikan tiket gratis untuk menghadiri acaran Dies Natalis TKN yang akan diadakan 10 oktober mendatang dan pemberian hadiah akan dilakukan secara simbolis pada hari tersebut. “Acara ini sangat bermanfaat karena mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide sekreatif mungkin, sehingga mengajarkan mahasiswa menjadi innovator dan cermat menghadapi lingkungan. Saya berharap acara seperti ini akan ada hingga seterusnya dengan pematangan yang lebih maksimal” ungkap seorang peserta ketika memberikan kesannya di acara ini. /kz/

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA