[Hari Kedua] Praktikum Kimia Radiasi di PAIR-BATAN, Mahasiswa Langsung Mencoba Turun ke Lapangan

HIMA TKN STTN-BATAN - Mahasiswa Teknokimia Nuklir (TKN) 2014 kembali menjalani kegiatan praktikum di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR-BATAN) Pasar Jum’at.

Kegiatan pagi ini dimulai dengan kuliah umum di pusat pengembangan teknologi pertanian. Di sana, mahasiswa TKN 2014 memperoleh banyak pengetahuan mengenai pemuliaan tanaman dan hasil-hasil dari iradiasi tanaman.

Mahasiswa diberi penjelasan mengenai produk pemuliaan tanaman BATAN.

Mahasiswa TKN 2014 kali ini mendapat kesempatan langsung terjun ke lapangan. Mahasiswa melakukan penanaman padi di greenhouse dan lahan sawah yang telah disediakan. Bibit padi yang ditanam pun beragam, mulai dari yang diiradiasi dengan dosis 0,2 kGy sampai 1 kGy. Selain pada padi, mahasiswa juga melihat hasil pemuliaan sorgum dan pisang. Mahasiswa dapat mengkonsumsi pisang hasil pemuliaan dan mengamati langsung perbedaan dari sorgum yang telah diiradiasi oleh BATAN.

(a)
(b)
Mahasiswa (a) mengamati langsung pertumbuhan dan (b) menanam langsung bibit padi hasil pemuliaan.
Kegiatan ini ditutup pada jam 10.30 WIB oleh perwakilan dari PAIR, dua orang mahasiswa, dan Kartini Megasari, S.ST, M.Eng selaku dosen pembimbing praktikum. “Kegiatannya memang sangat bagus, banyak sekali ilmu yang didapat, pihak PAIR juga terbuka sekali dalam menyampaikan, tapi sayangnya waktunya dari kemarin terasa terlalu singkat,” tutur Alfiyatur Rohmaniyyah selaku perwakilan mahasiswa saat diberikan kesempatan memberitahu kesan dan pesan selama menjalani kegiatan ini selama dua hari terakhir. “Kegiatan ini selain kita belajar, selain kita praktikum, sebenarnya ada tujuan lain, yaitu silaturrahmi. Dengan silaturrahmi kan kita bisa memperpanjang umur, dan mereka (mahasiswa) jadi mengetahui BATAN itu seperti apa dan apa saja yang dikerjakan, karena mereka adalah aset kita, ujung tombak dari sosialisasi BATAN ke masyarakat,” tutur Kartini Megasari saat menutup serangkaian kegiatan praktikum di PAIR. (msfh)

Komentar

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA