Pengabdian Masyarakat Teknokimia Nuklir 2016 Hari Ketiga


PEMAS TKN 2016 – Kerja keras panitia Pengabdian Masyarakat TKN 2016 dari bulan April ini akhirnya terbayarkan dengan suksesnya acara Puncak Panen Raya Padi Inpari Sidenuk hari ini. Pukul 08.00 WIB para tamu undangan dan warga sekitar sudah mulai memenuhi Lapangan SD tempat diadakannya acara Puncak Panen Raya ini.

Warga Dukuh salak Malang sangat antusias dengan diadakannya acara Pengabdian Masyarakat ini. Peserta dari STTN-BATAN tiba dilokasi acara sekitar pukul 08.30 WIB dengan menggunakan bis yang disediakan panitia. Dalam acara ini turut hadir Bapak Edy Giri ketua STTN-BATAN, perwakilan dari PAIR BATAN, PUKET III STTN-BATAN, Kepala Jurusan Teknokimia Nuklir, Bapak Camat Kalibawang, Lurah Banjarharjo, Kapolsek Kalibawang, serta Koramil Kalibawang.

Pukul 09.30 WIB acara dibuka dengan tarian dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Pengabdian Masyarakat. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan dari Ketua STTN-BATAN, Camat Kalibawang, Lurah Banjarharjo, serta Bapak Dabari sebagi Ketua Kelompok Tani Kuncup Mekar untuk mewakili para warga dan petani Dukuh Salak Malang. Bapak Edy Giri Rachman Putra selaku ketua STTN-BATAN berharap acara ini dapat diadakan tiap tahun dan bisa menjadi acara yang tidak dipegang oleh HIMA-TKN saja tetapi kerjasama dari tiga prodi. Pada kesempatan ini beliau juga menyatakan sangat bangga dengan panitia Pengabdian Masyarakat ini dengan bisa terselenggarakan acara yang sangat inspriratif ini.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan upacara wiwitan. Upacara wiwitan sendiri mempunyai makna penting bagi para petani sebagai persembahan sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi dan Dewi Sri (dewi padi) yang telah menumbuhkan padi yang ditanam sebelum panen. Persembahan untuk upacara wiwitan ini terdiri dari nasi tumpeng, kelapa, gula merah, ayam utuh, dll yang masing-masing mempunyai makna tersendiri. Sebelum acara dimulai, Punokawan yang terdiri dari Petruk, Bagong, Semar dan Gareng menjelaskan makna dari upacara wiwitan dan hidangan yang dipersembahkan. Persembahan kemudian diarak menuju sawah tempat diadakannya upacara wiwitan. 


Upacara wiwitan dipimpin oleh Mbah Kaung dengan doa yang diikuti oleh para peserta dan warga setempat. Setelah upacara nasi wiwitan dibagikan kepada para peserta dan warga setempat untuk dimakan bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan padi oleh Bapak Camat kalibawang, Koramil Kalibawang, Kapolsek Kalibawang, Ketua STTN-BATAN, Kepala Jurusan TKN, Lurah Banjarharjo, serta Kepala Dukuh Salak Malang. Setelah foto-foto bersama dengan panitia dan peserta, semua tamu, warga dan peserta kembali ke Lapangan SD untuk sholat dan makan siang.




Setelah tamu undangan dan peserta pulang, panitia kembali melanjutkan acara yang telah dijadwalkan yaitu pembagian sembako kepada warga Dukuh Salak Malang yang kurang mampu. Warga sangat berterima kasih kepada panitia Pengabdian Masyartakat atas bantuan yang telah diberikan. Acara kemudian dilanjutkan dengan bazaar baju murah. Warga terlihat sangat antusias memilih baju-baju yang dijual dengan harga sangat murah.


Rasa lelah yang dirasakan tidak mengurangi semangat panitia untuk kembali melanjutkan acara Pengabdian masyarakat ini. Setelah beristirahat dan makan-makan sejenak, acara kembali dilanjutkan dengan games bersama anak-anak Dukuh Salak Malang. Dalam acara ini panitia berinteraksi bersama anak-anak dalam games menangkap belut, batok kelapa, lompat karung, dan memecahkan air. Diakhir acara panitia membagikan hadiah-hadiah kepada anak-anak yang ikut berpartisipasi dalam games yang diadakan. Salah satu peserta menyatakan sangat senang dengan acara pengabdian masyarakat yang diadakan tiga hari di tempat mereka.




Setelah bersih-bersih bersama, panitia menyerahkan plakat serta foto kenanga-kenangan kepada Kepala Dukuh Salak Malang sekaligus berpamitan untuk pulang. Sekitar pukul 19.00 WIB panitia berangkat dari Dukuh Salak Malang menuju STTN-BATAN yang menjadi tempat meeting point. Sekitar pukul 20.30 WIB para panitia Pengabdian Masyarakat telah berkumpul di depan Auditorium STTN-BATAN dengan selamat. Setelah absen, Panitia Pengabdian Masyarakat TKN 2016 kembali ke kost masing-masing untuk beristirahat. (PEMAS TKN 2016)

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA