Kartini's Day 2017



Minggu,30 April 2017 telah dilaksanakan peringatan hari kartini “Kartini's Day” di Auditorium STTN-BATAN oleh mahasiswa TKN. Acara berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB. Acara diselenggarakan oleh mahasiswa TKN 16 yang sebagian besar panitia merupakan wanita. Peringatan hari Kartini mengangkat tema “Jiwa Kartini dalam Kacamata Moderndengan harapan wanita-wanita sekarang menjadi sosok kartini yang mengikuti perkembangan zaman tapi tidak melupakan semangat Kartini dahulu. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan TKN, Ketua BEM STTN-BATAN, dan mahasiswa TKN dari angkatan 2013 hingga 2016.
Kegiatan Kartini’s Day bertujuan untuk meningkatkan keakraban antarwarga TKN. Kartini's Day merupakan salah satu  program kegiatan hima TKN dari departemen Keakraban. Pada kegiatan ini seluruh panitia maupun peserta mengenakan dresscode batik  sebagai bentuk rasa bangga terhadap budaya Indonesia.
Kegiatan “Kartini’s Day” terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Kartini TKN, blind make over dan boys cooking. Kartini TKN merupakan acara pemilihan sosok Kartini bagi TKN yang pesertanya adalah beberapa mahasiswi perwakilan dari angkatan 2014 hingga 2016. Peserta Kartini TKN tersebut antara lain Alfiyatur Rohmaniyah, Bilqis Latifah, dan Mutia Ayu Utami sebagai perwakilan dari angkatan 2014; Sonia Saraswati dan Nindia Ayu sebagai perwakilan dari angkatan 2015; Rahma Anisah P dan Cristiani Novita sebagai perwakilan dari angkatan 2016. Setiap peserta kartini TKN menjawab pertanyaan undian dan pertanyaan pilihan dari warga TKN serta menunjukkan bagaimana sosok Kartini dalam diri mereka. Penilaian dilakukan oleh 3 orang juri yang berasal dari TKN angkatan 2013. Masing-masing peserta menampilkan gaya dan karakter yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu menjadi sosok Kartini di era modern.
Acara selanjutnya yaitu Blind Makeover yang diikuti 3 tim yang masing-masing tim berisikan 3 orang. Tiap kelompok yang terdiri dari perias, yang dirias, dan pengarah diberi waktu 12 menit untuk menyelesaikan tantangannya. Kunci dari acara ini adalah kekompakan dan kepercayaan antar anggota. Peserta blind make over merupakan perwakilan tiap angkatan 2014 sampai 2016. Setelah waktu habis, setiap peserta mempresentasikan hasil makeover yang diantaranya ada yang mengusung tema Musim Semi dan ada pula yang mengusung tema Garden Party. Kegiatan berlangsung meriah dengan kreatifitas peserta dalam berkompetisi dan dibalut dengan semangat kekeluargaan sesama mahasiswa TKN.
Pada waktu yang bersamaan dengan Blind Makeover juga dilaksanakan acara Boys Cooking yang diikuti perwakilan angkatan 2014 sampai 2016. Pesertanya merupakan laki-laki yang beranggotakan 3 orang dari masing-masing tim. Setiap tim diberi tugas untuk memasak makanan sesuai bahan yang disediakan dalam waktu 2 jam. Setiap tamu yang hadir memberikan semangat kepada setiap peserta yang sedang memasak. Gelak tawa pun terjadi tatkala melihat para laki-laki melakukan kesalahan atau tindakan lucu ketika memasak mulai dari gosong, keasinan, dll. Maklum, laki-laki yang menjadi peserta tidak lihai memasak seperti wanita atau chef-chef memasak. Namun acara berlangsung dengan baik, hal itu dibuktikan dengan tiap tim mampu menyelesaikan plating makanan mereka. Hasil masakan dicicipi oleh seluruh tamu yang hadir dalam acara Kartini’s Day dengan sistem voting.
Setelah seluruh perlombaan selesai, diumumkanlah juara kartini TKN, blind makeover, dan boys cooking. Detik-detik pegumuman membuat para peserta penasaran dan dibalut tawa yang riuh. Dari perlombaan blind makeover diperoleh sang juara dari angkatan 2016 (Ayu, Ilma, Lintang), juara kedua dari angkatan 2014 (Gea, Elsa, Ya' puja), dan juara ketiga dari angkatan 2015 (Sela, Elta, Friscilla). Hasil penilaian perlombaan boys cooking akhirnya menetapakan TKN angkatan 2014 keluar sebagai juara pertama, dilanjutkan TKN angkatan 2016 sebagai runner up, dan TKN angkatan 2015 sebagai juara ketiga. Dan acara utama yaitu pemilihan sosok Kartini TKN hanya diambil juara tunggal dan terpilihlah Alfiyatur Rohmaniyyah dari TKN 2014 sebagai Kartini pertama TKN 2017. Menurut Alfi, motto hidupnya bahwa sebaik-baiknya manusia harus bemanfaat bagi orang lain dan dia berharap supaya mahasiswa–mahasiswi TKN mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja maupun menjadi wirausaha. Seluruh warga TKN berharap semoga Kartini TKN ini dapat menjadi sosok yang bisa diteladani khususnya oleh wanita TKN.
Seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Seluruh panitia yang mempersiapkan acara tersebut telah mengupayakan semaksimal mungkin supaya kegiatan ini menjadi menarik, berkesan, serta menjadi ajang mempererat silaturahmi sesama mahasiswa TKN.


TKN KORZA 2017

Kabar Populer

Mengapa Suara Manusia Berbeda-beda?

HUKUM GOSIP, GHIBAH, FITNAH, INFOTAINMENT

KOTA TERBERSIH SEDUNIA